Saturday, January 14, 2012

stereotip 'teknik dan wanita'

Salah satu stereotip yang dulu kurang gw suka adalah bahwa wanita itu ga ngerti soal teknik.

Gw sering ngerasa kalau stereotip itu tuh bener-bener ga banget, berhubung gw kayaknya oke-oke aja sama teknik. Sayangnya, pendapat gw tentang stereotip itu bener-bener berubah  setelah gw berhubungan terlalu 'banyak' sama teknik di kuliah.

Kelas Informatik - Excel dengan Macro dan VBA - Proyek VBA
Awalnya, yang diajarin pas kelas praktek Informatik masih soal Excel yang super duper dasar, sampe gw mikir, kenapa kita belajar kayak gituan pas kuliah (padahal di SMA aja, itu aja tuh udah 'gampang' banget). 

Trus tanpa terasa, si dosen mulai ngajarin soal bikin tombol-tombol di Excel pake Macro. Dan disitulah 'penderitaan' gw dimulai.

Pas pertama belajar Macro (yang sama sekali ga pernah gw denger sebelumnya sampai pada saat si dosen ngajarin), gw masih bisa ngikutin, berhubung masih yang simpel-simpel doank dan si dosen dengan baiknya selalu kasih panduan lewat kertas yang penuh sama petunjuk.

Trus habis si Macro, si dosen mulai ribet soal VBA (Visual Basic Application) di Excel. Nah, pas dia ngajarin soal itu, kepala gw kayaknya mulai ga berfungsi, berhubung ada kode-kode dan istilah-istilah aneh yang menurut gw kelihatan sama semua. Tapi gw masih santai-santai aja behubung si dosen masih selalu dengan sangat baiknya ngasih petunjuk step-by-step yang dia print di kertas.

Suatu hari, dosen utama yang ngajar Informatik ngasih tugas yang harus dikumpul sebagai syarat ikut ujian. Dari saat dia ngasih tugas sampai tuh tugas harus dikumpul, ada waktu sekitar satu setengah bulan buat ngerjain. Jadi, gw masih dengan tenangnya berpikir kalau waktu buat ngerjain masih banyak, bersantai-santai ria, ga pernah mikirin soal itu lagi sampai beberapa hari yang lalu.

Mimpi buruk gw dimulai ketika gw baru mulai ngerjain tuh tugas dua minggu sebelum deadline. Gw minjem buku di perpus, berharap tuh buku bisa nolong gw dan bener-bener mulai pas hari Kamis (12.01) malem. Dan gw bener-bener bingung banget karena gw bener-bener ga tahu harus ngapain.
Alhasil, gw baru tidur jam 3 pagi (itu karena udah bener-bener blank) dan malamnya, gw ga tidur lagi (baru ketiduran jam 9an pagi sampai jam 2an siang karena udah bener-bener blank juga) dan lanjut lagi sampai jam 10an malam di depen laptop buat ngerjain tuh tugas.
Bahagianya, akhirnya gw selesein juga tuh tugas (meskipun apa yang gw buat sebenernya mengandung banyak error dan ga layak buat disebut sebuah proyek VBA).

Teknik dan Wanita
Jujur aja, sejak saat gw mulai belajar Informatik di kuliahan, gw ngerasa kalau salah satu hal yang bener-bener ga bisa nyambung adalah 'teknik dan wanita' (meskipun ini lebih terarah ke diri gw sendiri dan lebih terarah ke bidang Informatik, tepatnya programming).

Rasanya kode-kode dan istilah-istilah yang dipake tuh bener-bener ga masuk akal dan terlalu ribet dan bikin kepala mau pecah. Dan gw sebel dan bingung banget sama tiap error atau apapun itu yang muncul kalau gw salah bikin kodenya. 

Intinya sih, gw sekarang cukup seneng berhubung ada stereotip seperti itu, karena dengan itu, gw ga perlu ngerasa malu banget kalau ga bisa ngerjain suatu tugas atau tugas yang gw bikin terlalu jelek. 
Dan gw cukup puas dengan keadaan gw sekarang yang 'cuma' bisa pake komputer dan internet dan beberapa software kecil demi kelangsungan hidup gw tanpa perlu tahu lebih banyak soal gimana caranya bikin suatu program atau apapun itu yang berhubungan dengan Informatik. 

n.b.:
Gara-gara terlalu fokus ngerjain tugas (hampir 25jam an gw luangin buat tuh tugas, belum lagi kalau kepikiran pas mau tidur dan di waktu-waktu luang gw), gw menelantarkan MonsterWorld gw di Google+ (meskipun ga ada temen gw yang maenin itu) sampai tanamannya dimakan sama si penyiram tanaman yang lapar.


=)
SVialli
[23.52]
[6 - 14/01/12]

No comments:

Post a Comment