Monday, March 12, 2012

The Hunger Games (2008)

The Hunger Games
Beberapa hari yang lalu, gw baru selesaiin baca buku ini.


Meskipun nih buku udar dari tahun 2008, entah kenapa, gw ga pernah bener-bener tertarik buat ngebaca, bahkan sejak gw masih di Indo (gw ga pernah baca sinopsisnya sampai baru-baru ini, gw cuma ngelihat cover-nya doank dan langsung ga niat). Bahkan sampai beberapa bulan yang lalu, gw masi ga niat juga, meskipun gw sering banget ngelihat bestseller list Amazon dan selalu ngelihat bukunya George R. R. Martin berdampingan sama 'The Hunger Games' di bagian atas. Tapi berhubung nih buku dijadiin film dan kayaknya heboh banget, gw akhirnya beli dan baca juga.
12.03.2012

  • Buku ini penuh banget sama narasi dan Suzanne nulis buku ini pake point of view orang pertama

Gw kira gw bakal mati bosan sama sebegitu banyaknya narasi, tapi ternyata, gw terus bertahan sampai di halaman terakhir. Meskipun gw selesai baca nih buku, gw rasa, setengah alasan gw selesai adalah karena gw penasaran apa yang ngebuat buku ini nge-boom dan setengahnya adalah karena nih buku meskipun menurut gw ga se-'seru' yang dibilang-bilang orang, buku ini ga ngebuat bosan (gw rasa, gw harus selesaiin baca buku selanjutnya sebelum bisa bilang kalau ceritanya ga seru).

  • Selain itu, menurut gw, ceritanya lumayan menarik meskipun kurang masuk akal

Ceritanya ngambil waktu di masa depan. Background tempat dan sejarahnya dibuat oke banget. Si Katniss berumur 16 tahun (halaman 13 terbitan Scholastic ISBN-13: 978-0-439-02352-8), menurut gw, kayaknya bener-bener terlalu muda untuk hal-hal 'itu' (tapi emang situasi dia mengharuskan dia buat jadi dewasa sih -.-") dan rasanya, dia menangin Hunger Games dengan 'gampang banget'.

  • Selebihnya, setelah baca nih buku, gw kayaknya ga ngerasa kehilangan buku ini sama sekali. Buku ini hampir ga berkesan sama sekali.

Tentu aja, gw masih wondering kenapa nih buku bisa sampai jadi bestseller dan heboh abis dan hal itu mengharuskan gw buat baca 2 buku lanjutannya: Catching Fire dan Mockingjay). Seinget gw, hampir ga ada kata-kata atau kalimat yang ngebuat gw 'wow' atau nempel di benak gw atau ngebuat gw mikirin hal itu. Satu yang gw rasain dari buku ini adalah rasa simpatik terhadap Peeta Mellark yang perasaannya 'dipermainkan'.

  • Diluar semua itu, buku ini nyampain cerita yang penuh 'nilai'.

Buku ini cerita soal keluarga, teman, egoisme, mempertahankan hidup, pengorbanan dll. 


Btw, satu yang bener-bener gw 'notice', ada disebut 'safe and sound' di halaman 218 (terbitan Scholastic ISBN-13: 978-0-439-02352-8). Trus pas momen si Rue masuk masa-masa meninggal dan si Katniss nyanyiin dia lagu, rasanya gw bisa 'ngedenger' lagunya si Taylor Swift yang jadi salah satu OST di film (sebelum baca, gw sempet dengerin lagunya dia dulu). 


Setelah baca selesai, gw ngelihat trailer film-nya lagi dan gw cukup ragu kalau film-nya bakal bisa nampilin apa yang digambarin di buku (mis.: gaun yang dipake Katniss). Gw harap sih, filmnya bakal oke dan ga ngecewain. 


=)
SVialli
[22.53]
[1 - 12/03/12]

No comments:

Post a Comment