Sunday, February 12, 2012

Behind the Words: Aduh (2012)

draft 'Aduh'
Bisa dibaca disini atau disini. =)


Hmm.. ga tau kenapa, kayaknya akhir-akhir ini selalu kepikiran sama kata-kata yang berima. Jadinya, puisi yang ini juga ujung-ujungnya punya rima (yang mungkin ga berima 'banget', tapi masih ada rimanya =P).


Btw, kayak kata orang (gw lupa siapa dan gimana kata tepatnya), sebuah 'cerita' bukan berasal dari penulisnya, si penulis 'cuma' menulis dan 'cerita' itu berkembang dengan sendirinya. Gw setuju banget sih sama kata-kata itu.



Seperti yang bisa dibaca, puisi ini nyeritain soal orang yang sering 'beraduh ria'. Gw bukannya kurang simpatik sama orang yang punya hidup yang berat, tapi setahu gw, hidup tuh makin berat ketika seseorang melihatnya dari arah yang berat (hmm.. kurang make sense ya kalimat gw?). Maksud gw, ketika seseorang melihat sesuatu dengan pola pikir yang negatif, hal yang dilihatnya juga bakal jadi negatif dan berlaku sebaliknya.


Dari sisi gw, kalau gw keseringan ngedengerin 'pengulangan' dari sesuatu yang 'negatif', pikiran gw rasanya didorong untuk ikut jenuh saking banyaknya 'aura negatif'. Karena itu, kadang kalau orang itu udah parah banget tahap 'pengulangan' dan 'dramatisasi'-nya, gw ga bakal 'ngedengerin' mereka lagi dan 'cuap-cuap' mereka gw anggap sebagai angin lalu.


Salah satu keluhan yang paling sering gw denger adalah soal duit, selebihnya biasanya soal kuliah dan jodohGw cukup yakin kalau tiap orang paling engga tahu satu orang yang suka banget mengeluh soal entah-apa-itu. Kalau ngeluh satu kali sih oke, berhubung semua orang punya masalah. Sayangnya, kalau 'ngeluh'-nya terus-terusan, rasanya kan males aja. 



Entah kenapa, gw ngambil kata 'aduh' sebagai judul (gw hampir selalu bikin judul setelah semuanya udah jadi), meskipun gw ga gitu suka judulnya (karena rasanya, kata 'aduh' itu nyebelin dan murahan banget), tapi rasanya kata itu emang cocok banget sama isi puisi itu, berhubung kata 'aduh' sering digunakan oleh orang yang berkeluh kesah.


Yah.., tentu aja, gw kadang juga ngeluh. Ketika gw sadar kalau gw ngeluh, gw berusaha secepat mungkin berhenti, berhubung mengeluh hampir bisa dipastikan ga bakal ngebawa gw kemana-mana dan gw ga mau ngebuat orang lain juga jadi jenuh gara-gara 'aura negatif' dari ucapan-ucapan gw.


Gw berharap bahwa keluhan-keluhan yang diucapin dari tiap bibir kita bakal terganti sama ucapan-ucapan penuh syukur atas apa yang udah kita punya dan waktu yang terbuang buat mengeluh bakal dipakai buat menyelesaikan masalah yang ada




=)
SVialli
[02.13]
[7 - 12/02/12]

No comments:

Post a Comment