Tuesday, February 7, 2012

Behind the Words: Warna dan Matamu (2012)

Setelah sekian lama ga nulis cerpen, akhirnya bisa nulis lagi. Dan by the way, ini cerpen pertama gw di tahun 2012 ini. =))))
Bisa dibaca disini atau disini.


Gw kepikiran soal mata sejak tahun lalu. 
  • Kebanyakan sih gara-gara kebanyakan baca novel. Di novel-novel itu, somehow, mereka tau banget mata orang yang dia sayang
  • Terus suatu hari pas gw bikin visa, gw ditanya, warna mata gw apa dan gw ga tau pasti warna mata gw apa. Terus setelah gw pikir-pikir, kayaknya gw ga pernah tahu warna mata siapapun. 
  • Dan sejak saat itu, tekad gw bulat (lebai mode on), gw pengen ada orang yang bisa kasi tahu apa warna mata gw secara tepat.

Dari sanalah ide ceritanya muncul. Sayangnya, gw ga tahu gimana plotnya dan bingung gimana berlanjut dari sekedar ide. Untungnya, ide baru dan plot mulai terbentuk jadi satu.
  • Trus suatu hari di kelas membosankan, gw kepikiran buat bikin si cewe sebagai dokter mata. 
  • Trus suatu hari di koridor kampus pas baru mau masuk kelas, kepikiran buat bikin si cowo buta warna. 
  • Trus kemarin-kemarin ini, pas ga bisa tidur, kepikiran buat bikin adegan 'cheesy' pake tes ketajaman mata (tadinya gw kepikiran buat pake hari mata sedunia atau apa itu, tapi kayaknya aneh dan geli banget).


Setelah ide dan plot menjadi satu, sayangnya gw belum punya pengetahuan soal buta warna dan tes ketajaman mata itu.
  • Jadinya, gw tadi ngeliat-liat di internet soal buta warna. Lebih tepatnya sih, gw nyari pake bahasa Inggris (color blindness), berhubung artikel bahasa Indonesia tentang hal ini kayaknya terbatas banget dan gw nemu satu website yang menurut gw oke banget: colblindor. Dan ngomong-ngomong soal buta warna, ternyata buta warna tuh kompleks dan menarik buat diketahui lebih lanjut. 
  • Trus soal Snellen Chart dan Phoropter, gw sama sekali ga tahu namanya sampai beberapa jam yang lalu. Gw nemuin namanya di Wikipedia dan pas gw nyari apa bahasa Indonesianya, ga nemuin sama sekali (mungkin gw kurang niat nyarinya).
  • Trus gw juga tadinya masi nyari nama (berhubung ga kepikiran sama sekali pas mau bikin nama). Nama 'Aella' dan 'Ciro' gw dapet setelah nyari-nyari di Google (keduanya kira-kira artinya angin).


Jujur aja, pas gw mikirin idenya, gw ngerasa itu tuh udah lumayan oke. Sayangnya, gw ngerasa pas semua itu jadi tulisan, kayaknya ga maksimal, kurang dapet feel-nya dan kurang oke kalau dibandingin yang sebelumnya (mungkin karena udah jarang nulis sejak lulus SMA). Tapi di balik semua itu, gw emang kayaknya belum bisa nulis something funny yang bisa ngebuat someone ketawa atau senyum gitu sih. 


Anyway, dari tulisan ini, gw lumayan dapet banyak pengetahuan baru dan teringat sama beberapa hal (mis.: Bokap gw yang juga buta warna, gw yang ga pernah tahu apa nama alat-alat itu meskipun gw udah pake kacamata hampir seumur hidup dan ikut tes mata berkali-kali).


Gw berharap bahwa pembaca cerpen ini bisa nikmatin cerpen ini to the max. =P




=)
SVialli
[22.34]
[2 - 07/02/12]


nb.:
Gw kepikiran bikin 'behind the words' berhubung pengen bikin something kayak 'behind the scene' buat movies. =P

1 comment: