Sunday, December 11, 2011

2 hours of group work and 3 hours of Glühwein

Baru aja (hari Minggu), gw ketemuan sama temen sekelas (2 cewe n 2 cowo; 3 orang Jerman dan 1 cewe Rusia) gw buat kerja kelompok. Kita ketemuan di Alexanderplatz, di Weltzeituhr (gw ga ngerti kenapa tempat itu yang dijadiin tempat ketemuan berhubung tempat itu rame dan outdoor, yang berarti dingin berhubung sekarang lagi musim dingin, untungnya, bukan cuma gw yang mikir gitu, berhubung yang ngusulin tempat itu juga ngerasa kalau agak aneh buat ngejadiin tempat itu sebagai tempat ketemuan; tapi fakta yang gw lihat selama nunggu disana sekitar 10 menit, banyak banget yang ketemuan disana).
Setelah ketemu, kita pindah dan duduk dengan nyaman dan cukup hangat di Dunkin Donuts. Kita ngomongin soal presentasi dan tugas yang harus kita bikin (pelajaran Personal dan Organisasi), nentuin tema dan semacamnya (dari sekitar jam 16.00 sampe jam 18.00); dan sebagai penutup, kita lanjut ke Weihnachtsmarkt (Christmas Market).

Dan disana, kita minum Glühwein sambil ngobrol-ngobrol.
Kita (gw kebanyakan ngedengerin sih dan cuma nyambung-nyambung dikit atau tanya-tanya dikit) ngobrolin:
  • soal kuliah.
Kenapa pas presentasi ada yang kasi feedback yang negativ terus. Gw kira itu karena ke-direct-an orang Jerman yang sudah terkenal, ternyata pas gw tanya bukannya itu normal, mereka bilang kalau itu tuh ga normal dan sepantasnya caranya ga gitu.
Juga soal pelajar Wirtschaftsrecht (Business Law) yang geje. Ternyata mereka juga merasa hal yang sama, bahwa ngebaca bukunya lebih ngebantu daripada ngikutin apa yang sang dosen omongin.
Selain itu, juga soal beberapa dosen HTW Berlin yang kayaknya kurang memenuhi harapan, berhubung beberapa dosen di kelas gw (dosen pelajaran Mat dan Hukum Bisnis) kayaknya kurang bisa menyalurkan pengetahuan mereka ke mahasiswa-mahasiswi yang ada.

  • soal pesta dan bir (party and beer)
Ternyata selain di kelas, mereka juga sering pesta bareng. Kalau dari yang gw denger sih, kayaknya ada beberapa pesta ulang tahun yang dirayain bareng dan disana, mereka pesta habis-habisan; yang ngejelasin kenapa pas hari Selasa kemarin (pelajaran Mat jam 8 pagi), banyak banget yang ga dateng dan hari Senin (pelajaran Hukum Bisnis; gw ga dateng tapi temen gw cerita), pada pulang pas break pelajaran dan pas tengah-tengah pelajaran.
Well.., kedengarannya cukup wah. =P

  • soal drama, kehidupan pribadi, karnaval, mabuk dan hal-hal kecil lainnya
Ada yang nonton Desperate Housewives dan demen banget. Kayaknya kalau denger dia cerita, gw jadi tergoda buat nonton lagi (gw cuma nonton 3 seasons pertama dan ga lanjut lagi berhubung alurnya lama-lama kerasa ga jelas banget).
Ada yang tinggal sama cowonya dan sekarang dalam masa break (gw ga gitu dengerin). Cowonya tidur di sofa dan cewenya tidur di kamar. 
Ada yang asalnya dari Köln dan cerita kalau disana karnaval-karnavalnya oke-oke banget dan di bulan Februari (yang jelas dingin), yang ngebuat gw pengen ngelihat karnavalnya.
Ada yang mabuk dikit dan mulai ngobrol sama orang yang ga dikenal. Yang ngebuat gw juga sadar kalau gw juga agak-agak oleng.
Soal pesta natal kelas kita di hari Selasa nanti, soal ujian yang udah deket dan 'serius belajar' yang udah harus dimulai.

Berapa banyak yang kita minum? 
Hmm.. dari jam 18 sampai sekitar 21 (gw cabut sekitar jam 21an); gw minum dua setengah gelas Glühwein dan satu Hot Chocolate with Baileys dan mereka kayaknya minum sekitar 4 atau 5 gelas Glüwein with Amaretto. 
Yang gw tahu, pas gw pulang, yang satu udah pulang duluan, yang satu masih segar, yang satu udah agak mabuk dan ngajak ngobrol orang ga dikenal, yang satu udah agak oleng dan juga pulang. Gw sendiri juga udah agak oleng meskipun otak gw masih sadar dan gw menerka-nerka apakah efek oleng itu dari kedinginan atau dari minuman (berhubung biasanya gw kayaknya ga sebegitu gampangnya oleng -.-). 

Intinya, dari 'kerja kelompok' di hari Minggu ini, gw bisa ngerasain sedikit 'kehangatan' orang Jerman di musim dingin ini. Juga sedikit lebih tahu soal gimana cara pikir mereka dan tentu aja, cara mereka minum


=)
SVialli
[23.06]
[7 - 11/12/11]

No comments:

Post a Comment