Friday, December 23, 2011

acara natal pada hari rabu

ruang depan Rotes Rathaus

Meskipun gw udah di Berlin dari tahun lalu, ini pertama kalinya gw ke acara Natal KBRI yang bertempat di Rotes Rathaus, Alexanderplatz (seperti namanya, si Rotes Rathaus berwarna merah; bukan bercat merah, tapi dibangun dari batu bata yang warnanya merah). Acaranya berlangsung pada hari Rabu kemarin (21.12.2011).


Acaranya dimulai sekitar jam 6 sore. Diawali dengan Misa sekitar satu jam, diikuti sama sumbangan acara dari peserta acara dan diakhiri oleh makan malam (sekitar jam 22). Yang dateng ke acara ini kayaknya sekitar 400an orang; tentu aja, kebanyakan orang Indonesia dan diluar itu, ada beberapa orang Jerman atau campuran Jerman-Indonesia.


'Wir sind ein Volk'

Setahu gw sih, Misa pas hari Rabu itu adalah Misa khas Katolik. Berhubung gw disini selalu ke Gereja Karismatik (GBI Berlin), pas ngerasain Misa Katolik gitu dan ngedengerin lagu-lagunya, jadi keinget masa-masa sekolah pas bareng-bareng satu sekolah pergi ke Gereja Stella Maris satu bulan sekali (rasanya jadi kangen masa-masa itu lagi =P).


Yang ngisi acara ada yang masih muda dan ada yang udah cukup berumur; yang adalah anak-anak PPI, perwakilan dari Gereja Indonesia di Berlin, pejabat/pegawai KBRI.
Salah satu yang gw suka adalah pertunjukan musik Angklung. Kalau ga salah ingat, ada dua kelompok yang main Angklung (perwakilan dari salah satu Gereja di Berlin dan kumpulan Ibu-Ibu KBRI).

Rasanya khas Indonesia banget aja dan setahu gw, gw kayaknya belum pernah ngelihat pertunjukan Angklung secara langsung deh. Rasanya heboh aja ngedenger suara kayu yang digoyang bisa sampai se-wow itu




Dan yang lebih oke lagi, kumpulan Ibu-Ibu itu ngebawain lagu 'Tanah Air Beta' dan nyanyi bareng. Rasanya udah lama banget ga nyanyi lagu-lagu kebangsaan kayak gitu dan bisa nyanyiin lagu itu lagi bareng-bareng orang Indonesia yang lain ngebuat gw kangen sama negara asal gw.
Beberapa peserta lainnya ada yang nari, ada yang nyanyi dan ada yang main drama.

Makan malamnya disediain ala prasmanan. Peserta acara disediain nasi, mie goreng, ayam, tauge buncis, jeruk dan kue. 
Kalau menurut gw sih, makanannya ga buruk. Kalau menurut beberapa orang lain yang ke acara Natal KBRI tahun lalu atau beberapa tahun sebelumnya, makanannya ga se-wow yang sebelumnya (katanya sih, dulu ada disiapin sate lilit atau semacamnya begitu).

Selain ngikutin acara dan makan, gw juga ketemu beberapa teman yang udah lama ga gw lihat. Diluar keribetan siap-siap buat 'hari-hari khusus' kayak gitu, rasanya oke banget sih kalau ada acara-acara kayak gini, dimana orang-orang pada kumpul dan bisa ketemuan plus 'ngegosip' bareng (berhubung kadang orang suka 'ga ada waktu' di 'hari-hari biasa').


=)
SVialli
[03.45]
[5 - 23/12/11]

No comments:

Post a Comment