Friday, December 23, 2011

air bersih dan cuci tangan


Hari Senin lalu (19.12.2011), gw ada kuliah jam 1 siang dan seperti biasa, kalau gw kuliah jam segitu, gw bangun dan mandi ga jauh-jauh dari jam segitu. Alhasil, gw bangun jam 10an dan berpikir buat mandi jam 11an. Sayangnya, pas gw mau mandi, ternyata lagi ga ada air, mungkin lagi bersihin pipa atau apa. Seharusnya sih, kalau lagi ga ada air gitu, bakal ada pengumuman di papan di lantai bawah, hari apa dan jam berapa. Sayangnya, gw jarang banget perhatiin papan itu dan gw ga tau kalau bakal ga ada air (untungnya, sekitar sore jam 5, airnya udah ngalir lagi dengan lancar).


Alhasil, berhubung muka gw kucel dan gw perlu keramas dan dll sebelum gw keluar rumah dan  kuliah, gw kaga kuliah hari itu dan membuat resolusi yang selalu gw buat di saat-saat seperti itu tapi (hampir) ga pernah gw lakukan: bangun lebih pagi.

Intinya sih, di hari itu gw merasa 'sengsara banget'. Kenapa?

  • Gw seharusnya masuk pas hari itu, berhubung gw harusnya ikut kerja kelompok selesai kelas, dan karena gw kaga ikut, gw jadi ngerasa ga enak sama temen satu kelompok gw.
  • Gw ngecekin keran air tiap setengah jam sekali, berpikir kalau mungkin airnya bakal segera ngalir lagi dan gw bisa buru-buru cabut buat kuliah, sebelum akhirnya gw menyerah.
  • Gw ga bisa buang air sesuka hati gw, berhubung ga ada air buat nge-flush WC nya. Itu semua berarti, gw harus berjuang menahan kehendak buang air.
  • Gw ga bisa minum sesuka hati gw, berhubung gw minum air keran. Untungnya, masi ada air di termos gw.
  • Berhubung gw kaga bisa mandi (yang berarti gw kaga bisa gosok gigi dan cuci muka), gw merasa lusuh dan kotor
  • Dan satu yang paling menyengsarakan adalah fakta bahwa gw ga bisa cuci tangan!! Gw selama ini ga pernah sadar kalau gw sampe sebegitu seringnya cuci tangan. 


Soal cuci tangan, gw pada hari itu, simpatik banget sama orang-orang di Afrika atau di belah dunia manapun itu yang kekurangan air bersih. Selama ini, kalau baca atau ngelihat berita, rasanya simpatik tapi ga sampai sebegitunya, soalnya gw jarang banget kekurangan air bersih (apalagi selama tinggal di Berlin, yang termasuk salah satu kota yang paling maju di dunia, dimana air bersih yang bisa langsung diminum mengalir langsung dari keran). 

Pas hari itu, gw juga baru ngerasain pentingnya masalah cuci tangan yang suka 'digembar-gemborkan' lewat iklan-iklan tentang kesehatan atau pesan-pesan dari Departemen Kesehatan atau lembaga kesehatan lainnya dan semacamnya. 
Jujur aja, meskipun gw 'cuma' sekitar 7 jam tanpa cuci tangan, gw ngerasa tangan gw kotor banget dan gw ngerasa ragu buat nempelin tangan gw ke muka (meskipun gw cuma megang keyboard, meja, buku, gagang pintu dan hal-hal simpel kayak gitu). Kayaknya tangan tuh gampang banget bersentuhan dengan hal-hal yang 'kotor' dan merupakan awal dari pertemuan tubuh kita dengan 'kotoran'. 

Rasanya agak janggal aja terhadap fakta bahwa gw sering banget kurang memperhatikan pemakaian air gw (berhubung gw ga perlu bayar tagihan air) dan di sisi lain, ada populasi manusia yang harus menghemat air sedemikian rupanya supaya bisa tetap melangsungkan kehidupan. Dan bahkan, air yang mereka punya belum tentu bersih
Gw ngebayangin bahwa meskipun cuci tangan adalah salah satu langkah pertama terhadap hidup sehat dan bersih serta mencegah penyakit, kalau air adalah hal yang langka buat mereka, cuci tangan bakal kurang dipikirkan; berhubung yang penting, mereka bisa ngelanjutin hidup mereka dengan air (kurang dari) secukupnya itu, yang berarti air bakal diprioritaskan untuk minum, masak, ternak

Gw harap sih, gw bisa lebih menghargai air bersih yang bisa gw nikmati dan menghemat pemakaian air gw. Dan gw juga berharap kalau daerah-daerah yang kekurangan air bersih itu bakal dapet bantuan supaya mereka bisa lepas dari kekurangan air bersih (mengingat bahwa teknologi zaman sekarang sudah maju dan mungkin hanya terbatas pada masalah biaya dan biaya dan biaya).


=)
SVialli
[02.51]
[5 - 23/12/11]

No comments:

Post a Comment