Tuesday, December 13, 2011

pagi dihias bulan, hawa merana dan sejuta alasan

Hari ini (Selasa) gw memulai hari lebih pagi dari hari-hari biasanya berhubung kelas Matematika gw mulai jam 8 pagi. Buka mata ogah-ogahan, nengok keluar jendela, ngelihat bulan purnama masih bersinar terang (!!!), cuma satu pikiran yang nempel di otak gw selama gw siap-siap buat berangkat, 'it must be a crime to wake up when the moon is still so bright and high up in the sky'. 

Pas di subway (U-Bahn Lichtenberg), gw ketemu temen sekelas gw yang dari Vietnam (namanya Giang). Entah sejak kapan (gw pertama kenal dia pas di preparatory course aka Studienkolleg), nih orang kelihatannya tuh selalu diselimuti aura gloomy.
Meskipun kelas dimulai pas hari masih belum terang atau gimana, gw kayaknya ga sampai bad mood atau gimana gitu dan gw selalu berusaha supaya mood gw bagus (paling engga ngasih senyum ke orang yang gw lihat). Pas gw nyapa dia tadi, rasa 'bahagia' gw kayaknya dihembus-hembus sama aura 'merana' dia. Selain pas gw ketemu sama dia, dia di dunia maya kayaknya juga somehow 'nebarin hawa merana'; di Facebook, kalo post dia masuk ke home gw, kayaknya apa yang dia tulis selalu 'bernyawa negativ' berhubung dia kayaknya hampir selalu nutup kalimatnya dengan tanda '=('

Gw pribadi sih jarang banget pake tanda itu. Bisa dibilang hampir ga pernah. Gw harap sih, gw ga perlu sampe 'sesedih' itu buat terus-terusan pake 'tanda murung' kayak gitu. Dan lebih dari itu, gw berharap kalau gw ga bakal pernah jadi orang yang punya aura gloomy, apalagi yang sampai 'nebar-nebarin' itu semua di dunia nyata maupun maya.

Pas pelajaran, seperti biasa, gw kurang ngerti, duduk di deret keempat dengan mata gw yang serasa kebakar berhubung si dosen dengan teganya pake spidol yang udah hampir ga punya tinta dan kacamata gw udah ga bener. 
Di tengah pelajaran, orang di belakang gw (namanya Monique kalo ga salah) noel punggung gw, gw kira mau nanya tulisan di papan yang kaga kebaca. Ternyata dia nanya apa gw udah ga bakal masuk ke kelas Hukum Bisnis lagi (Wirtschaftsrecht). ~.~
Trus gw bilang ke dia kalo gw sebenernya masih harus masuk dan minggu depan gw bakal masuk.

Intinya sih, pertanyaan dy sebenarnya juga sering gw tanyain ke diri gw sendiri, apa gw bakal masuk ke kelas itu lagi kalau akhir-akhir ini aja, gw sering banget ngelewatin tuh kelas? 
Pas awal-awal semester, gw selalu masuk dan gw udah seharusnya masuk berhubung gw sama sekali ga ngerti pelajarannya dan cuma bisa berharap bahwa semua yang si dosen omongin bakal tersimpan di alam bawah sadar gw dan bisa dengan wow berfungsi ketika gw ngerjain ujian
Ironisnya, sekarang gw juga pake alasan yang sama buat ga masuk (udah sekitar 4 kali gw ga masuk). Gw kaga masuk tuh kelas karena gw sama sekali ga ngerti pelajarannya, merasa bahwa ngebaca bukunya lebih berguna daripada duduk di kelas dan ngedengerin sesuatu yang kayaknya ga nyantol sama sekali di otak gw. Sayangnya, gw cuma ngebaca bukunya 'kadang-kadang' yang berarti hampir ga pernah dan gw rasa, itu cuma alasan gw buat lebih cepet pulang ke rumah (kelas ini tuh hari Senin dari jam 17.15 sampe 20.30 dan dosen ini kayaknya ga pernah rela ngebiarin kita pulang lebih cepet).

Satu yang gw sadar tapi ga mau gw 'akui' adalah bahwa gw tuh seharusnya masuk terus (!!!). 
Kenapa? Karena temen sekelas gw yang orang Jerman aja ngerasa kalau pelajaran ini tuh 'sulit dimengerti'. Yang berarti bahwa gw sebagai 'pelajar asing' harusnya belajar minimal dua kali lipat lebih rajin dari mereka berhubung gw kesulitan dalam masalah bahasa juga.
Sayangnya, rasa 'sombong' gw kayaknya suka terlalu tinggi dan ngebuat gw 'malas' buat berusaha


Dan hal lain yang gw sadari, gw somehow agak terpengaruh sama temen sekelas gw yang Vietnam itu (dia juga hampir ga pernah masuk lagi ke kelas ini). Awalnya, gw masih suka bilang kalau harusnya dia masuk, paling engga supaya istilah-istilah hukumnya ga bakal terlalu asing kalau didenger atau pas belajar sendiri. Ternyata, gw malah makan omongan sendiri dengan 'ikut-ikutan' kaga masuk kelas.


Gw rasa, gw harus mulai dengerin omongan gw sendiri dan ngehilangin rasa malas gw. ~.~
Sayangnya, gw kayaknya suka banget merendam diri sendiri dalam rasa santai meskipun ada terror (ujian dan tugas) yang terus-terusan nempel di sudut otak gw. 



=)
SVialli
[14.39]
[2 - 13/12/11]

No comments:

Post a Comment