Thursday, December 15, 2011

ujian, nilai dan ilmu

Gw baru pulang sekolah dan tadi satu arah sama temen sekelas gw yang orang Vietnam (Zung - gw ga tau ngejanya gimana). Kita ngomongin soal musim ujian yang sebentar lagi bakal dimulai. Berhubung dia anak semester 2, dia udah pernah ngelewatin masa-masa itu dan mungkin ga se'tegang' gw yang baru semester pertama. 

Ngomong punya ngomong, gw bilang ke dia kalau gw pengen ngerjain semua ujian (7 mata pelajaran) di jadwal ujian yang pertama --di tempat kuliah gw (HTW Berlin), gw bisa milih buat ngambil ujian sebelum atau sesudah liburan atau bisa juga ngulang pelajarannya di dalam dua semester ke depan.

Dari apa yang dia bilang, semester lalu dia kayaknya cuma ngambil empat ujian dan itupun dipisah (dua ujian di jadwal pertama dan sisanya di jadwal kedua). Semester ini kayaknya dia juga bakal ngelakuin hal yang sama. Intinya sih, nilai yang oke tuh prioritas dia dan kalau dia ga ngerti pelajarannya, mendingan ngulang dan nambah satu semester. Ada satu temen gw yang lain (dari Korea, namanya Ji Hae) yang juga kayak dia, anak semester dua juga. 
Terus pas gw bilang soal gw yang mau ngambil semua ujian sekaligus, dia somehow nanya gw, kenapa gw harus ngebebanin diri gw sendiri. 
Dia bilang, di semester lalu, dia punya temen orang Mexico yang ngambil semuanya dan dapet bagus, tapi itu berhubung dia kayaknya emang tipe-tipe jenius gimana gitu. Dulu-dulu juga gw pernah ngomong sama Ji Hae dan dia bilang, beberapa temen dia yang ngambil semuanya, emang beberapa ada yang bisa lulusin semuanya, tapi nilainya jelek dan dia bilang, buat apa lulus tapi nilainya ga enak dilihat kalau diijazah. 

Kenapa gw mau ngambil semuanya sebelum liburan?
Gw kurang yakin kalau gw bakal belajar pas liburan. Lagipula, ada beberapa dosen yang bilang kalau ujian yang di jadwal kedua bakal lebih susah, karena kita punya lebih banyak waktu buat belajar. Itu membuat gw berkesimpulan bahwa belajar dua kali lipat di liburan atau ngambil ujian di jadwal pertama bakal menghasilkan hal yang ga beda jauh.

Kenapa gw 'nekat' ngambil semuanya di semester ini?
Gw tahu kalau ada beberapa pelajaran yang somehow gw sama sekali ga ngerti, tapi gw ga mau ngalamin nightmare yang sama di semester depan. Buat gw pribadi sih, gw mendingan loncat sendiri dari gedung daripada tegang nunggu seseorang dorong gw. Gw ga mau ngerasain deg-degan gila-gilaan dan terror tanpa henti kayak gitu, rasanya ga tenang banget mikirin satu hal terus-terusan. 
Dan selain itu, gw ga mau memperpanjang masa kuliah gw disini (gw kuliah Betriebswirtschaftslehre aka Business Economics, programnya sekitar 7 semester). Gw pengen selesai secepatnya sebisa mungkin. 
Intinya sih, sekarang nilai bukan prioritas gw, meskipun gw juga sebenarnya ga pengen nilai jelek nempel diijazah gw berhubung itu bakal mempengaruhi dimana gw bakal dapet kerja nanti. 


Ngomong-ngomong soal ujian dan nilai, itu ngebuat gw mikirin soal 'ilmu'.
Kalau lulus atau dapet nilai bagus, apa itu ngebuat cukup puas, meskipun sebenarnya kaga ngerti apa yang dipelajari? Apa itu semua cukup tanpa 'ilmu' yang seharusnya jadi inti dari tiap pelajaran? 
Atau dari sisi lain, kalau ga lulus, tapi seseorang benar-benar ngerti apa yang dia pelajari, apa nilai diijazah dia itu bakal jadi 'label' dia?


Dari yang gw rasain sekarang, gw bahkan ga mau mikirin soal nilai atau ilmu. Yang gw tahu adalah gw harus lulus semua ujian dalam rangka selesai kuliah tepat waktu. Entah itu terlalu 'reckless' buat gw atau kaga, seiiring itu, gw punya pengalaman baru dan belajar buat hidup.




=)
SVialli
[21.54]
[4 - 15/12/11]

No comments:

Post a Comment